KIDS MENUS: QUICK COOK SOUP #1

| on
September 04, 2018
Halo!

Aliyah adalah anak dengan tipikal picky eater sejati, haha. Ada yang anaknya juga picky eater ga Bu? Tidak banyak jenis makanan yang disukai Aliyah. Nasi goreng dan sup sederhana her favorit the most. Saya kadang sampai bosan sendiri masakin makanan yang tipe nya itu-itu melulu :') Tapi ya sudahlah, daripada anaknya engga makan juga. Akhirnya saya coba mengganti-ganti saja isi kombinasi sayuran yang ada di dalam sup nya. Alhamdulillah sejauh ini Aliyah masih doyan dengan sayur.

Nah, kali ini saya ingin berbagi dua resep sederhana sup favorit Aliyah. Waktu masaknya juga tidak lama, karena saya sendiri juga lebih senang masak anti ribet, hehe. Jadi, bumbu sekedar geprek-cemplung selalu jadi andalan saya. 

Soup with prawn & enoki mushrooms


JAMUR ENOKI
Jamur enoki, jamur yang berasal dari Korea ini punya banyak sekali manfaat. Jamur ini mengandung  vitamin E, B1, B2, mineral, serat, protein, serta antioksidan. Diantara jamur-jamur yang pernah saya coba sebelumnya, jamur enoki yang paling tidak mempengaruhi rasa masakan walaupun direbus bersamaan dengan bahan lainnya (biasanya kalau jamur lain, kuah sup nya jadi berasa jamur sekali) bahkan cenderung meberi rasa gurih yang lebih enak. 


Bahan-bahan: 

Jamur Enoki 20 gr
Udang 1/2 ons
Wortel  1 buah (ptotong kecil sesuai selera)
Bawang Putih 1 siung (geprek)
Daun bawang kecil
Minyak wijen
Garam
Kaldu jamur (opsional)

Cara buatnya sederhana: Didihkan air. Masukkan wortel dan bawang putih. Setelah wortel agak lunak, masukkan daun bawang dan jamur enoki. Lalu masukkan udang, minyak wijen, garam dan kaldu jamur. Masak -/+ 3 menit, Jadi deh!


Sayur pelengkapnya bisa ditambahi rebusan sawi pakcoy atau brokoli yang direbus terpisah supaya tidak merubah rasa kaldu sup nya :) Oh iya, resep ini untuk takaran satu kali makan yaa..

Menu ini recommended juga untuk Ibu bekerja yang pagi-pagi sebelum ngantor harus siapin makanan buat anak :)


Sayur bening dengan labu kuning




Sayur bening sangat familiar di menu hidangan rumahan sehari-hari. banyak sekali berbagi resep sayur bening ala keluarga. Nah, kalau ini sayur bening ala saya untuk Aliyah, karena di daerah Jawa Timur sayur bening biasanya pakai rempah kunci, kali ini saya ganti dengan serai :) 

Bahan-bahan:
Bayam 1 cup
Daun kemangi 1/4 cup
Labu kuning 100-150 gr
Serai 1 batang
Bawang merah 2 siung
Garam

Cara buatnya: Didihkan air, masukkan labu kuning, serai dan bawang merah. Setelah labu kuning lunak, masukkan sayur bayam dan kemangi. Seasoning dengan garam, jadi deh! Resep ini juga untuk takaran sekali masak ya Bu :)



Oh iya untuk menu ini saya punya beberapa tips:

1. Rendam bayam yang telah dibersikan di air yang sudah diberi perasan jeruk nipis agar bayam tidak cepat layu saat akan isimpan di kulkas.
2. Jangan panaskan sayur bening yang sudah dingin ya, karena sayur bayam adalah bahan makanan yang akan menjadi kurang baik untuk tubuh jika dipanaskan ulang.
3. Sebaiknya potong labu dengan potongan kecil agar cepat matang :)
4. Mengkonsumsi bayam sebaiknya tidak dengan produk kedelai seperti tempe atau tahu, karena akan membentuk endapan di dalam usus yang akan sulit untuk dicerna usus :)

Sayur bening ini biasanya saya sajikan dengan menu ikan untuk Aliyah. Seringnya sih dengan lele kukus. Alhamdulillah Aliyah suka :)

Ada yang punya resep sup andalan juga ga Bu? Yuk share disini :)

Semoga sharing saya bermanfaaat ya :)

Happy cooking!

























Be First to Post Comment !
Post a Comment